Tips Tinggalkan Kos Ala Mahasiswa saat Mudik Lebaran

Libur lebaran adalah hal yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap orang, tak terkecualim mahasiswa. Momen ini dimanfaatkan untuk mudik dan berkumpul dengan keluarga tercinta.

Biasanya ketika meninggalkan kos, terdapat beberapa persiapan agar rumah kedua mereka ini tetap aman. Al-azzam Faizarush Hayyan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat, turut membagikan tips untuk meninggalkan kos saat libur lebaran.

Berikut adalah beberapa tips tinggalkan kos menurut Hayyan, mahasiswa Unsika asal Jakarta.

1. Pastikan Listrik dalam Keadaan Mati
Mematikan listrik ketika meninggalkan kos dapat mengurangi risiko kebakaran atau hal berbahaya lainnya. Selain itu juga dapat menghemat pengeluaran biaya listrik.

2. Simpan Barang-Barang Elektronik di Tempat yang Tinggi
Ketika hujan tiba, bisa saja terjadi banjir yang mengakibatkan barang-barang elektronik terendam air hingga memungkinkan terjadinya kerusakan. Untuk mengantisipasi hal itu, dengan menyimpan barang elektronik seperti rice cooker, setrika, dan barang elektronik lainnya ke tempat yang lebih tinggi merupakan strategi yang tepat agar saat terjadi hujan deras barang-barang elektronik tidak terendam air.

3. Bersihkan Kos
Kerapian kos dapat menimbulkan rasa nyaman dan tenang ketika meninggalkannya selama libur lebaran. Membersihkan tempat tidur seperti melepas seprai, sarung bantal, dan sarung guling, membuang sampah serta menyapu kamar bisa meminimalisir adanya hewan seperti kecoa, nyamuk, dan laba- laba.

4. Pastikan Kos dalam Keadaan Aman
Keamanan kos perlu dijaga dengan memiliki kunci cadangan, baik untuk mengunci pintu kos ataupun lemari. Dengan begitu, kos dapat dipastikan aman.

Itulah beberapa tips meninggalkan kos agar tetap aman selama libur lebaran yang dapat diterapkan khususnya untuk mahasiswa rantau. Semoga tips ini dapat bermanfaat. Selamat
menikmati libur lebaran.

 

 

 

Redaktur: Alya Nazmi dan Zaidiyah Ummaya
Wartawan: Kurnelia Puspita dan Lala Viona




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *