Cover Tulisan Sastra

Resensi Novel Tulisan Sastra: Hidup Perihal Menyambut dan Kehilangan

Judul buku: Tulisan Sastra

Pengarang: Tenderlova

Penerbit: LovRinz Publishing

Tanggal terbit: Juli 2020

ISBN: 978-623-289-095-4

Jenis: Fiksi

Tebal halaman: 345 halaman

Harga buku: Rp. 99,000

 

Isi Resensi Buku

“Yang pergi biarlah pergi, yang tinggal sudah seharusnya dijaga. Kalau nggak ada yang abadi dalam bahagia, berarti nggak ada yang abadi juga dalam sedih.”

Sepenggal kutipan yang tercetak jelas dalam sampul ini sedikit menjelaskan bagaimana isi cerita di dalamnya. Seperti yang Sastra bilang, hidup itu perihal menyambut dan kehilangan.

Buku yang berjudul Tulisan Sastra karya Tenderlova ini menceritakan tentang Sastra, si anak tengah dari keluarga Suyadi. Ia merupakan sosok yang humoris, sikapnya selalu membuat geleng kepala, juga dapat membuat tertawa. Sebut saja dia sebagai happy virus. Sastra mahir bergitar, ke mana pun ia pergi selalu membawa gitarnya. Tetapi ada impian yang ingin Sastra wujudkan, yaitu tampil di sebuah panggung besar dengan memainkan piano. Ya, mimpinya adalah menjadi seorang pianis.

Selain memiliki sifat humoris, Sastra juga dapat menjadi seorang yang romantis dan tragis. Pasalnya, Sahara, gadis yang sekarang ini berstatus menjadi kekasihnya. Ia hanya menjadikan Sastra sebagai tempat pelarian semata. Berbeda dengan Sastra yang menganggap Sahara adalah sosok spesial dan selalu menjadi sumber penyemangatnya. Namun, seiring berjalannya waktu, Sahara perlahan-lahan mulai dapat menerima dan mencintai Sastra.

Ketika Sahara mulai jatuh cinta pada Sastra, kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Pada malam yang sepi, setelah mengantarkan Sahara pulang, hujan mengguyur jalanan, Sastra mengalami kecelakaan dan harus dilarikan ke rumah sakit. Sayangnya, karena kondisi tubuhnya semakin menurun, Sastra pun tidak bisa terselamatkan. Kepergiannya memberi luka yang mendalam bagi Sahara, keluarga Suyadi, dan teman-temannya. Bagi Sahara, mungkin ini adalah sebuah karma yang harus ia tanggung karena dulu telah menyia-nyiakan Sastra.

 

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Semua bagian yang terdapat dalam buku ini selalu menumbuhkan rasa penasaran dan emosional dalam diri setiap pembaca. Yang menjadikan buku ini menarik adalah dari kisah para tokohnya yang luar biasa. Tak hanya itu, pesan yang diutarakan oleh penulis disampaikan dengan baik melalui rangkaian kalimat dalam setiap bagian ceritanya. Kabar baiknya kisah ini akan dijadikan sebuah film dalam waktu dekat.

Setiap kelebihan pasti mempunyai kekurangan. Seberapa bagusnya sebuah buku pasti akan ada yang kurang meskipun samar. Seperti buku yang berjudul “Tulisan Sastra” ini, terdapat beberapa kata yang salah dalam penulisan. Sebenarnya hal itu tidak mengganggu, namun dapat menjadi sebuah kekurangan. Karena sejatinya, buku ini sudah naik cetak dan menjadi novel populer, seharusnya sudah tidak ada lagi kesalahan dalam penulisan. Namun kembali lagi, setiap yang terlihat sempurna pasti memiliki kekurangannya.

 

Penulis: Sonnia Aulia Sari (SAS)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *