Mahasiswa Unsika Dikagetkan Gempa saat KuliahMahasiswa Unsika Dikagetkan Gempa saat Kuliah

Mahasiswa Unsika Dikagetkan Gempa saat Kuliah

Gempa bumi mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan kekuatan 5,6 magnitudo pada Senin (21/11/2022). Gempa yang terjadi pada kedalaman 10 kilometer ini terasa hingga Kabupaten Karawang, khususnya Kecamatan Telukjambe Timur, tepat di kampus Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika).

Kejadian ini dirasakan oleh salah satu mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Siti Nurjanah. Ia menuturkan bahwa saat terjadi gempa, dirinya sedang berada di dalam Gedung 0104 lantai dua. “Kita kan lagi presentasi nih, yang di depan presentasi otomatis ada proyektor dong, jadi pertama sih kok ini agak geter gitu kan. Nah terus pas liat layar presentasi goyang-goyang jadi kita lumayan panik, eh ada gempa gempa jadi bangun gitu pada bangun,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan adanya rasa panik. “Terus agak panik bentar tapi dosennya bilang jangan panik gitu kan. Yaudah jadinya kita duduk lagi gitu kembali lagi belajarnya seperti semula” tambahnya. Tak hanya itu,  Siti Nurjanah juga mengatakan bahwa gempa ini berlangsung sekitar dua menit.

Hal serupa juga dialami oleh mahasiswi Program Studi Sistem Informasi, Gina Khairunisa. “Kan kita pake proyektor, proyektornya tiba–tiba geter, terus kita pas ada yang lagi berdiri tuh ngerasanya kaya tiba–tiba gerak lantainya,” ucapnya.

Di sisi lain, salah satu pedagang kantin Unsika, Ono, turut menceritakan kronologi saat terjadi gempa. “Lagi duduk, saya ngerasain kok ini kaya yang pusing kata saya, ini ada apa? Pas saya liat anak–anak pada keluar, gempa, gempa, goyang,” ucapnya.

Namun, justru ia tidak merasakan panik saat gempa terasa di Unsika. “Kayak biasa aja. Oh enggak udah biasa kan di luar posisinya. Ga keluar, di sini aja posisinya. Kalo anak-anak (mahasiswa) pada keluar. Waktu tahun 2019 (atau) dua ribu berapa tuh gitu lagi waktu di Banten. Ya gitu aja si, gak panik Pak Ono mah kaya gempa gini mah,” ungkapnya.

 

(AR, UWR, JN)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *