Himapenmas Unsika Adakan Acara Cesa Fest ke-11

Himapenmas Unsika Adakan Acara Cesa Fest ke-11

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Masyarakat (Himapenmas), Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), menyelenggarakan acara tahunan yang bertajuk pekan olahraga dan seni yang bernama Cesa Fest, tepat pada tanggal 10 sampai 13 November 2022 di Unsika.

Tujuan diadakannya acara ini untuk memberikan ruang kepada para mahasiswa Prodi Penmas untuk mengaktualisasikan potensinya di bidang seni dan olahraga. Acara ini sekaligus memperingati dies natalis Prodi Pendidikan Masyarakat (Penmas) yang ke-11.

Selain itu, Ketua Pelaksana Cesa Fest, Robbi Saputra, turut menambahkan bahwa tujuan dilaksanakan acara ini juga sebagai momen mempererat hubungan kekeluargaan antar sesama mahasiswa Prodi Pendidikan Masyarakat. “Alasan tetap mengadakan Cesa Fest ini bukan hanya bertujuan mempertahankan kultur budaya namun juga berlandaskan atas dari sisi kekeluargaan kami,” ungkapnya.

Adapun rangkaian acara Cesa Fest dimulai dari kegiatan perlombaan cabang olahraga, seperti e-sport, tarik tambang, badminton, futsal, dan bakiak. Selain itu, terdapat perlombaan cabang seni, seperti poster, musikalisasi puisi, pemilihan duta penmas, kegiatan donor darah serta diakhiri dengan talkshow dan penampilan pentas seni mahasiswa Prodi Pendidikan Masyarakat.

Koordinator Prodi Pendidikan Masyarakat, Ahmad Syahid, juga menyampaikan dukungannya terhadap acara ini.  “Acara ini luar biasa, kegiatan ini sangat penting untuk menunjang aktualisasi minat bakat para mahasiswa selain dari pada kewajiban akademik perkuliahan, karena dari acara ini kami akhirnya tau bahwa ternyata banyak dari teman-teman mahasiswa prodi Pendidikan Masyarakat yang memiliki potensi dan prestasi di bidang olahraga, seni, karya tulis dan sebagainya,” ungkapnya.

Kemudian, pada pemilihan pasangan Duta Prodi Pendidikan Masyarakat pada tahun 2022 yang terpilih, yaitu Cucu Nur Syamsi sebagai duta pria dan Maulida Nurjanah sebagai duta wanita.

Maulida mengungkapkan bahwa penyematan gelar ini menjadikan tantangan baginya agar dapat menjadi pribadi yang lebih bertanggungjawab dalam mengemban suatu amanah. “Ada tanggung jawab besar karena awalnya saya hanya seorang mahasiswa biasa namun kini harus mewakilkan karakter Pendidikan Masyarakat seperti apa, harapannya semoga saya dan Kang Cucu dapat bertanggungjawab dan memberikan kontribusi yang lebih besar dari duta penmas sebelumnya,” ujarnya.

Di sisi lain, Robbi mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan acara ini masih terdapat kekurangan. “Kami menyadari bahwa dalam rangkaian acara ini masih terdapat kekurangan yaitu dari sisi antuasiasme yang muncul hanya di awal acara. Oleh karenanya, saya selalu mengimbau kepada teman-teman panitia untuk meningkatkan branding terhadap acara Cesa Fest ini. Meski begitu, sampai dengan saat ini acara dapat berjalan sesuai eksepktasi yang sudah direncanakan di awal” ungkapnya.

Acara Cesa-fest pun diakhiri dengan penyerahan hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada para mahasiswa yang menjadi pemenang dalam setiap cabang perlombaan serta penampilan-penampilan seni seperti tarian tradisional, tarian modern, menyanyi, serta drama teater.

Maulida mengungkapkan bahwa acara ini sangat seru dan berharap ke depannya lebih meriah dan bermanfaat lagi. “Harapannya semoga ke depannya teman-teman Penmas bisa mengadakan acara Cesa Fest yang lebih besar lagi dengan menarik dan tentunya dapat memberikan manfaat yang tidak hanya untuk mahasiswa saja melainkan juga untuk masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Harapan lain pun ikut disampaikan oleh Ahmad Syahid. “Saya berharap dapat tetap eksis terus ke depannya, serta selalu update terutama di mata perlombaannya seperti e-sport saat ini yang sedang ramai karena sudah diakui nasional. Intinya kegiatan ini diupayakan agar selalu inovatif mengikuti perkembangan dan jangan terlalu terpaku pada yang bersifat konvensional,” ungkapnya.

 

(APP, NAA)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *