Bingung Liburan Ke Mana? Inilah Destinasi Wisata Terbaik di Karawang yang Cocok Dikunjungi saat Libur Lebaran

Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah ini menjadi sebuah momen yang bahagia, karena pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya. Mengingat sejak dua tahun yang lalu, kasus Covid-19 kian meningkat, hingga akhirnya pemerintah melarang masyarakat untuk mudik demi memutus penyebaran virus corona. Maka dari itu, tentu saja momen lebaran kali ini menjadi sebuah kesempatan yang dinanti-nanti bagi semua orang. 

Namun, bagi kamu yang tidak mudik, libur lebaran kali ini bisa dimanfaatkan untuk berlibur bersama teman ataupun keluarga. Tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota bahkan ke luar negeri, di Karawang juga terdapat banyak destinasi wisata yang tidak kalah indahnya yang dapat kamu kunjungi.

Berikut adalah destinasi wisata di Karawang yang cocok dikunjungi saat libur lebaran.

 

1. Saung Koffie Hideung

Gambar 1. Saung Koffie Hideung (Sumber: https://www.instagram.com/saungkoffiehideung)

Jika ingin menikmati sensasi minum kopi di atas awan, kamu bisa berkunjung ke Saung Koffie Hideung yang berlokasi di Puncak Sempur, Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Untuk menuju tempat ini, harus menempuh jarak sekitar 27 kilometer dari pusat Kota Karawang. Saung Koffie Hideung menawarkan pemandangan yang indah dan instagramable, pastinya sangat cocok untuk kamu yang senang berswafoto. Di sana juga tersedia kamar penginapan dan ground camping yang sudah dilengkapi fasilitasnya. Destinasi ini dibuka dari pukul 10.00 WIB setiap harinya. Jika weekend ditutup pukul 23.00 WIB, sedangkan saat weekday tutup pada pukul 22.00 WIB.

 

2. Curug Cigentis

Gambar 2. Curug Cigentis (Sumber: www.bandoeng.co.id)

 

Destinasi wisata yang berlokasi di kawasan Gunung Sanggabuana, Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat ini menyajikan air terjun dengan ketinggian mencapai 25 meter. Terdapat sebuah kolam kecil di bawah air terjun yang bisa dinikmati oleh wisatawan untuk berendam dan berenang. Di sekitar Curug Cigentis juga terdapat tumbuhan paku hijau yang tumbuh berjejer mengelilinginya. Selain itu, adanya bebatuan alam di sekitar air terjun menambah suasana asri khas pedesaan yang belum tercemar oleh polusi. Harga tiket masuk Curug Cigentis sebesar Rp15.000. Jika kamu menggunakan motor akan dikenai tarif parkir sebesar Rp5.000, sedangkan mobil Rp7.000.

 

3. Cafe 99

Gambar 3. Cafe 99 (Sumber: https://instagram.com/cafe_99_karawang)

 

Cafe yang menyajikan menu makanan dan minuman yang murah ini terletak di Puncak Sempur, Karawang. Cafe ini sangat cocok dikunjungi bersama teman ataupun keluarga. Cafe 99 memiliki konsep yang sederhana dan terletak di ketinggian 867 meter di atas permukaan laut. Kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Selain itu, di sana juga menyediakan tempat penginapan dengan harga Rp300.000 untuk weekday dan Rp400.000 untuk weekend dengan berbagai fasilitas.

 

4. Green Canyon

Gambar 4. Green Canyon Karawang
(Sumber: www.kcic.co.id)

 

Tempat ini dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Green Canyon Ciomas. Bentuknya yang mini, menjadikan destinasi ini layak untuk dikunjungi. Lokasinya berdekatan dengan Curug Ciomas di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang. Harga masuk Green Canyon sekitar Rp50.000. Untuk menuju Green Canyon hanya menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari Kota Karawang. Tempat wisata ini memiliki air terjun dan sungai berwarna hijau yang jernih. Menariknya, di sana terdapat tebing di dua sisi aliran air yang memberikan sensasi tersendiri. Di Green Canyon kamu bisa melakukan beberapa kegiatan seperti berendam, berenang, canyoning (kegiatan menyusuri ngarai), dan lainnya.

 

5. Monumen Kebulatan Tekad

Gambar 5. Monumen Kebulatan Tekad (Sumber: www.tribuntravel.com)

Monumen Kebulatan Tekad terletak di Rengasdengklok Selatan, Karawang, Jawa Barat. Di sekitar Monumen Kebulatan Tekad terdapat taman kota yang sejuk untuk dapat dinikmati oleh pengunjung. Bentuk dari monumen ini sangat unik, yaitu bola putih pada bagian atas dengan tulisan 17AUG1945. Selain itu, terdapat tugu yang mengepalkan tangan dan mempunyai makna semangat dalam berjuang untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Jika kamu ingin berlibur sambil belajar, destinasi wisata ini sangat cocok untuk menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan sejarah.  Monumen Kebulatan Tekad dibuka untuk umum setiap hari Senin sampai Minggu pada pukul 08.00-16.00 WIB.

Itulah beberapa destinasi wisata terbaik di Karawang yang cocok untuk dikunjungi selama libur lebaran bersama keluarga dan teman. Selamat berlibur sobat maroon. 

 

 

Sumber: https://jejakpiknik.com/tempat-wisata-di-karawang/ 

Redaktur: Alya Nazmi dan Zaidiyah Ummaya

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *